LWxcLWJbNaR6MGJ8NGJbNWp5NCMkyCYhADAsx6J=
×
iklan banner
MASIGNCLEANSIMPLE101

Ekspedisi Ubaidah bin Harits – Panah Pertama dalam Islam

Pada bulan April 623 M atau 10 Syawal tahun ke-1 Hijriah,  Nabi Muhammad   mengirim Ubaidah bin Al-Harits yang merupakan sepupu Beliau, bersama 60 enam puluh pasukan dari kaum Muhajirin, tanpa menyerta kan seorangpun dari kaum Anshar, ke suatu lembah yang di pada saait ini dikenal dengan nama Rabigh. Panji Islam berwarna putih dipegang oleh Misthah bin Atsastah, mereka diharapkan dapat menghadang kafilah Quraish yang kembali dari Suriah.
               
Ubaidah bin Al-Harits beserta pasukannya keluar dari Madinah hingga tiba di mata air di Hijaz di bawah Tsaniyyatul Murrah. Di sana, Ubaidah bin Al-Harits dan pasukannya berpapasan dengan sekian banyak orang Quraisy, namun perang belum meletus di antara mereka. Namun demikian Sa'ad bin Abu Waqqash telah memanah dengan satu anak panahnya. Itulah anak panah pertama yang dipanahkan dalam Islam.

Meskipun dengan serangan kejutan ini, mereka tidak menghunus pedang atau mendekati satu sama lain, dan umat Islam kembali dengan tangan kosong. Tapi diketahui kemudian ada 2 orang dari sisi Quraish yang bergabung dengan barisan kaum muslimin saat itu, mereka adalah Al-Miqdad bin Amr Al-Bahrani sekutu Bani Zuhrah, dan Utbah bin Ghazwan sekutu Bani Naufal.

Keduanya telah masuk Islam, namun mereka berdua sengaja keluar bersama kafilah dagang Quraish sebagai fasilitas untuk lebih mudah bergabung dengan kaum muslimin di Madinah. Pimpinan kaum kafir Quraish saat itu adalah Ikrimah bin Abu Jahal.

Ibnu Ishaq berkata: Panji perang Ubaidah bin Al-Harits, sebagaimana yang dituturkan padaku, adalah
panji pertama yang diberikan Rasulullah dalam Islam kepada salah seorang kaum Muslimin.

Ibnu Ishaq berkata: Sebagian ulama berkata bahwa Rasulullah mengirim Ubaidah bin Al-Harits dan pasukannya tatkala beliau pulang dari Perang Al-Abwa, sebelum beliau tiba di kota Madinah. © Sejarah Islam
Ekspedisi Ubaidah bin Harits
Tahun
623 M atau Syawal, 1 Hijriah
Lokasi
Rabigh
Pihak terlibat
Muslim Muhajirin
Suku Quraish
Tokoh dan pemimpin
Ubaidah bin Harits
Abu Sufyan
Kekuatan
60 orang
200 orang
Korban
0 (1 panah dilepaskan)
0
Share This Article :
8718423275451420981