LWxcLWJbNaR6MGJ8NGJbNWp5NCMkyCYhADAsx6J=
×
iklan banner
MASIGNCLEANSIMPLE101

Ekspedisi Hamzah - Panji Perang Pertama Rasulullah ﷺ

Ekspedisi Hamzah bin Abdul Muththalib, juga dikenal sebagai Pasukan Saif Al-Baḥr adalah ekspedisi yang yang dikirim oleh Nabi Muhammad pada bulan Maret, 623 M atau bulan Ramadhan tahun ke-1 Hijriah.

Dalam Kitab Sejarah, Ibnu Ishaq berkata: Rasulullah mengirim Hamzah bin Abdul Muthalib bin Hasyim dengan membawahi 30 (tiga puluh) orang Muhajirin ke Saiful Bahri (kawasan pantai) di daerah Al-Ish tanpa mengikut sertakan satu orangpun dari kaum Anshar dalam ekspedisi tersebut.

Di daerah pantai tersebut, Hamzah bin Abdul Muthalib bersama pasukannya berpapasan dengan Abu Jahal bersama 300 (tiga ratus) pasukan Quraish Makkah. Kemudian kedua belah pihak berdamai dengan mediator Majdi bin Amr Al-Juhani yang mendamaikan pasukan Islam dan kaum musyrikin dan kedua belah pihak pulang ke tempat masing-masing tanpa melakukan perang.

Sebagian ulama berpendapat bahwa panji perang Hamzah bin Abdul Muthalib adalah panji pertama
yang diberikan Rasulullah kepada salah seorang dari kaum Muslimin. Namun dalam beberapa literature Islam disebutkan bahwa pada saat pengiriman ekspedisi perang Hamzah bin Abdul Muthalib, dan ekspedisi perang Ubaidah bin Al-Harts terjadi secara bersamaan. Karenanya banyak orang yang tidak mengetahui secara pasti tentang masalah ini.

Sebagian ulama berkata bahwa Hamzah bin Abdul Muthalib mengucapkan syair-syair yang di dalamnya berkata bahwa panji perang miliknya adalah panji pertama yang diserahkan Rasulullah . Jika Hamzah bin Abdul Muthalib berkata seperti itu, Insya Allah ia berkata benar dan tidak mungkin berdusta. Meskipun menurut riwayat ataupun sumber-sumber Islam yang lain,  Ubaidah bin Al-Harits lah orang pertama yang diberi panji perang oleh Rasulullah , Wallahu ‘alam. © Sejarah Islam
Ekspedisi Hamzah
Tahun
623 M atau Ramadhan, 1 Hijriah
Lokasi
Saif Al-Bahr, Al-Ish
Hasil
Damai dengan campur tangan pihak ke-tiga
Pihak terlibat
Muhajirin (Muslim yang Hijrah ke Madinah)
Suku Quraish Makkah
Tokoh dan pemimpin
Hamzah bin Abdul Muthalib
Abu Jahal
Kekuatan
30 orang
300 orang
Korban
0
0
Share This Article :
8718423275451420981