LWxcLWJbNaR6MGJ8NGJbNWp5NCMkyCYhADAsx6J=
×
iklan banner
MASIGNCLEANSIMPLE101

Perang Buwath, Perang Pertama Kaum Anshar bersama Rasulullah SAW

SEJARAH-ISLAM.COM
Perang Buwath terjadi pada bulan Oktober 623 M atau bulan Rabi’ul Awwal tahun ke-2 Hijriyah. Rasulullah pergi bersama 200 orang sahabatnya untuk mencegat rombongan dagang Quraish. Beliau tinggal di Buwath selama beberapa waktu dan kembali ke Madinah tanpa peperangan.

Perkiraan lokasi Buwath

Sebulan setelah Perang Abwa Beliau secara pribadi memimpin dua ratus orang Muhajirin dan Anshar menuju Buwath, sebuah jalur yang dilewati oleh pedagang-pedagang Quraish, dan menunjuk As-Saib bin Utsman bin Madz'un sebagai pemimpin sementara di Madinah.

Rombongan dagang Quraish terdiri dari 2500 unta yang penuh dengan barang perniagaan, dan dijaga oleh 100 orang pasukan Quraish yang dipimpin oleh Umayyah bin Khalaf.

Mengetahui pergerakan Rasulullah dan pasukannya, orang-orang Quraish pun mempercepat langkah mereka dan melewati jalan yang tersembunyi untuk menghindari pasukan kaum muslimin. Peristiwa ini pun berakhir tanpa kontak senjata.

Tujuan dari serangan ini adalah untuk menguasai jalur perdagangan antara Mekah dan Syam serta menghadang dan menawan rombongan Quraish yang kaya akan harta hasil perdagangan. Hal ini juga  merupakan bagian dari embargo ekonomi terhadap orang kafir Quraish.

Tidak ada pertempuran terjadi dan tidak ada rampasan yang didapatkan. Hal ini disebabkan karena rute yang dilewati kafilah Quraish tidak diketahui. Rasulullah SAW kemudian pergi ke Dhat al-Saq, di padang pasir al-Khabar. Beliau sholat di sana dan sebuah masjid dibangun di tempat tersebut. Dalam ekspedisi ini adalah untuk pertama kalinya kaum Ashar ambil bagian dalam perang bersama Rasulullah SAW.

Beliau kemudian memutuskan kembali ke Madinah, Beliau menetap di Madinah pada sisa akhir bulan Rabiul Awwal hingga pertengahan bulan Jumadil Ula. © Sejarah-Islam
Perang Buwath
TanggalOktober 623 M / 2 Hijriah
Lokasi
Buwath
HasilTidak terjadi peperangan karena rombongan dagang Quraish mengambil rute lain
Pihak yang Terlibat
Muslim Madinah Suku Quraish Mekkah
Tokoh dan Pemimpin
Nabi Muhammad SAWUmayyah ibn Khalaf
Kekuatan
200 Orang100 Orang (2500 Unta)
Korban
00
Share This Article :
8718423275451420981