LWxcLWJbNaR6MGJ8NGJbNWp5NCMkyCYhADAsx6J=
×
iklan banner
MASIGNCLEANSIMPLE101

Ekspedisi 'Ushairah - Aliansi dengan suku-suku sekitar

Sejarah-Islam.com - Ekspedisi Dzul ‘Ushairah terjadi pada tahun 2 Hijriyah, antara bulan Jumadil-Ula dan Jumadil-Akhir (November – Desember, 623 M). Ini adalah ekspedisi ke-4 yang dipimpin sendiri oleh Baginda Nabi Muhammad dan terjadi sekitar 2 bulan setelah Perang Buwat.

Ekspedisi ini diperintahkan oleh Rasulullah setelah Beliau menerima kabar bahwa ada kafilah dagang Quraish Mekkah yang sedang menuju ke Syam. Beliau kemudian berangkat bersama dengan sekitar 150-200 Muslim Muhajirin, dan menetapkan Abu Salamah bin Abdul Asad sebagai pemimpin sementara di Madinah.

Pada ekspedisi ini, mereka memiliki 30 unta yang mereka tunggangi secara bergantian. Rasulullah bersama sahabatnya berjalan melintasi gunung Bani Dinar, kemudian Faifa' dan Al-Khabar. Beliau lalu berhenti di bawah pohon di lembah Bin Azhar yang bemama Dzatu As-Saaq dan melaksankan shalat di sana.

Lokasi 'Ushairah, Yanbu

Kemudian dibangunlah mesjid untuk beliau, makanan dibuat untuk beliau lalu beliau dan para sahabat menyantapnya. Tempat tungku dapur beliau masih terisa di sana, dan beliau dihidangi air minum dari Mata Air Al-Musytarib.

Lalu Rasulullah melanjutkkan perjalanannya dengan melintasi perbukitan berlorong kecil yang disebut dengan bukit berlorong Abdullah, nama bukit tersebut pada saat itu.

Kemudian beliau menuruni Yasar hingga tiba di Yalyal. Beliau berhenti di perkampungan Yalyal, dan perkampungan Adh-Dhabu'ah. Beliau diambilkan air dari sumur di Adh-Dhabu'ah lalu berjalan melewati dataran Malal, hingga bertemu dengan jalan di Shuhairat Al-Yama.

Lalu berjalan lurus dan berhenti di Dzul ‘Usyairah, di lembah Yanbu', dengan harapan untuk mencegat kafilah dagang itu disana. Beliau berada di sana selama bulan Jumadil Ula, dan beberapa malam pada bulan Jumadil Akhir. Namun rombongan dagang Quraish ternyata telah lewat atau berhasil mengambil rute lain.

Rasulullah kemudian membentuk aliansi dan perjanjian dengan Bani Madlij, suku yang mendiami sekitar al-'Ushayrah. Perjanjian tersebut terlaksana dengan mudah karena sekutu Bani Madlij, yaitu Bani Ḍamrah telah membuat perjanjian damai dengan umat Islam. 

Nabi Muhammad juga membuat perjanjian lain yang dibuat sebelumnya dengan Bani Rahamrah pada Perang Abwa sebelumya. Beliau dan sahabatnya kemudian kembali ke Madinah, tanpa adanya pertempuran. © Sejarah-Islam
Ekspedisi 'Ushairah
Tahun
623 M atau 2 Hijriah
Lokasi
Dzul ‘Usyairah, Yanbu
Hasil
-   Kabilah berhasil menuju Syam sebelum berhasil dicegat.
-   Muslim mengikat perjanjian dengan Bani Mudlij
Pihak terlibat
Muslim Muhajirin
Quraish Mekkah
Tokoh dan pemimpin
Muhammad
Abu Sufyan
Kekuatan
150-200 orang
Tidak diketahui
Share This Article :
8718423275451420981